Briefing Pertemuan HLTF-EI ke 41

Jakarta, Selasa 4 Januari 2022, telah dilaksanakan rapat koordinasi persiapan the 41st HLTF-EI Meeting. Hadir dalam pertemuan adalah Rizal A Lukman, HLTF Lead-Indonesia dan Edi Pambudi, Sherpa G20-Indonesia dan Satvender Singh-DSG ASEAN Secretariat. Indonesia sendiri adalah Chair ASEAN HLTF EI periode 2022-2023.
Agenda dibuka dengan penyampaian outcome dan update beberapa issue, diantaranya Mid-Term Review (MTR) of the AEC Blueprint 2025, Fourth Industrial Revolution (4IR), Digital Economy, Circular Economy/Sustainable Development, AEC Governance and Cross-Sectoral Coordination, ASEAN Comprehensive Recovery Framework (ACRF), dan ASEAN Community Post-2025 Vision.

Kolaborasi ASEAN dengan G20 menjadi salah satu isu yg dibahas mengingat saat ini Indonesia menjadi Presidensi G-20 dan tahun depan akan dilanjutkan menjadi Ketua ASEAN 2023. ASEAN Secretariat berkomitmen mendukung penuh kolaborasi yg akan diusulkan Indonesia selama Presidensi G20 tahun ini. Proses tahapan finalisasi HLTF-EI Meeting Agenda dilakukan dalam beberapa tahapan diantaranya Initial Draft Agenda, Circulation Draft to HLTF-EI, Consolidated version from HLTF-EI inputs lalu terakhir adalah final agenda.